Jika ingin jajan cemilan silahkan klik disini Klik aku

Metode Pengembangan Sistem - Analisis Perancangan Sistem

Ilham Idfiana

 Metode Pengembangan Sistem

Pada perkuliahan sebelumnya, saya mempelajari tentang mata kuliah Analisis Perancangan Sistem yang dimana menjelaskan tentang pengertian sistem, analisis menurut para ahli metode waterfall, prototype.

Analisa : suatu kegiatan yang dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan (case) yang ada.

Sistem : hubungan satu unit dengan unit-unit lainnyayang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan Chr. Jimmy L. Gaol (2008:9). 

Informasi : data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau di interpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan (Sutabri, 2012:22).

Analisis Sistem : Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian- bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.  Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Tahap ini merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan dalam tahap ini menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.



Konsep Dasar Sistem
    Secara sederhana konsep dasar sistem dapat didefinisikan atau diartikan sebagai kumpulan variabel-variabel, atau kelompok yang saling terpadu/terhubung.
Menurut Scott dalam buku Fatta (2007:4) “sistem terdiri dari unsur-unsur sepeti masukan (input), pengelolaan (processing), serta keluaran (output)”.

Menurut Schronderberg dalam buku Fatta (2007:5) secara ringkasan menjelaskan bahwa sistem adalah :
1. Komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lain.
2. Suatu keseluruhan tanpa memisahkan komponen pembentuknya.
3. Bersama-sama dalam mencapai tujuan.
4. Memiliki input dan output yang dibutuhkan oleh sistem lainya.
5. Terdapat proses yang mengubah input menjadi output.
6. Menunjukan adanya entropi.
7. Memiliki aturan.
8. Memiliki subsistem yang lebih kecil.
9. Memiliki deferensiasi antar subsistem.
10. Memiliki tujuan yang sama meskipun mulainya berbeda.

Gambar 1. Karakteristik Sistem


Referensi : 
- KARTIKA MARISKHANA, S.KOM, M.PD dalam Buku Modul ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Terima kasih

Posting Komentar

Kue Konsen
Di blog ini dibutuhkan kue
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.